Langsung ke konten utama

KESENJANGAN SOSIAL

Katinah dan Tuminah, KISAH PILU DUA NENEK

Katinah, warga Dusun Gebang, Desa Bareng, Kecamatan Babadan, Ponorogo, Jawa Timur, sudah puluhan tahun hidup di sebuah gubuk tua bersama Tuminah ibunya. Katinah yang berusia 70 tahun penglihatanya sudah mulai terganggu. Kendati demikian, Katinah tetap sabar menunggui ibunya yang sudah berusia 100 tahun dan mulai berkurang aktivitasnya. Tak hanya itu, di usianya yang sudah tergolong tua, Katinah tetap berjuang mepertahankan hidup dengan mengonsumsi ubi yang ditanam di sekitar gubuknya. 
Tak jarang pula kedua nenek ini harus menahan lapar akibat ketiadaan persediaan makanan. Bantuan pemerintah untuk warga tak mampu selama ini juga belum pernah didapatnya. Potret Katinah hanyalah sebagian kecil dari begitu banyak penderitaan yang dirasakan masyarakat miskin di negeri ini. Di saat tubuh sudah renta, seharusnya mereka beristirahat. Namun, kenyataannya mereka harus berjuang untuk mempertahankan hidup.

Penyebab kesenjangan sosial :

Faktor-faktor penyebab pengangguran di Indonesia:
 a. Kurangnya sumber daya manusia pencipta lapangan kerja
 b. Kelebihan penduduk/pencari kerja
 c. Kurangnya jalinan komunikasi antara si pencari kerja dengan pengusaha 
d. Kurangnya pendidikan untuk pewirausaha Kesenjangan sosial akan semakin memprihatinkan bila tidak ditangani dengan segera. 
Adapun masalah yang akan ditimbulkan akibat adanya kesenjangan sosial:
 A. Melemahnya wirausaha Kesenjangan sosial menjadi penghancur minat ingin memulai usaha, penghancur keinginan untuk terus mempertahankan usaha, bahkan penghancur semangat untuk mengembangkan usaha untuk lebih maju. Hali ini dikarenakan seorang wirausaha selalu di anggap remeh.
 B. Terjadi kriminalitas Banyak rakyat miskin yang terpaksa menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang, seperti mencopet, mencuri, judi, dll


Mengapa kesenjangan bisa terjadi?


Kesenjangan sosial adalah sebuah fenomena yang terjadi pada masyarakat Indonesia dan masyarakat di dunia yang disebabkan oleh perbedaan dalam hal kualitas hidup yang sangat mencolok. Fenomena ini dapat terjadi pada negara manapun. . Dalam hal kesenjangan sosial sangatlah mencolok dari berbagai aspek misalnya dalam aspek keadilanpun bisa terjadi. Antara orang kaya dan miskin sangatlah dibedaan dalam aspek apapun, orang desa yang merantau dikotapun ikut terkena dampak dari hal ini,memang benar kalau dikatakan bahwa “ Yang kaya makin kaya,yang miskin makin miskin”. Adanya ketidak pedulian terhadap sesama ini dikarenakan adanya kesenjangna yang terlalu mencolok antara yang “kaya” dan yang “miskin”. Banyak orang kaya yang memandang rendah kepada golongan bawah,apalagi jika ia miskin dan juga kotor,jangankan menolong,sekedar melihatpun mereka enggan.

Bagaimana cara mengatasi kesenjangan tersebut?

Upaya-upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk pemecahan masalah kesenjangan sosial yang terjadi di Indonesia:
1. Meminimalis (KKN) dan memberantas korupsi dalam upaya meningkatan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah telah membentuk suatu lembaga yang bertugas memberantas (KKN) di Indonesia. Indonesia telah mulai berbenah diri namun dalam beberapa kasus soal korupsi KPK dinilai masih tebang pilih dalam menindak masalah korupsi. Misalnya kasus tentang bank century belum menemukan titik terang dan seolah-olah mengakiri kasus itu. Pemerintah harus selalu berbenah diri karena dengan meminimaliskan (KKN) yang terjadi mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan dana yang ada.
2. Meningkatkan system keadilan di Indonesia serta melakukan pengawasan yang ketat terhadap mafia hukum. Masih banyak mafia hokum merajarela di Indonesia itu yang semakin membuat kesenjangan sosial di Indonesia makin mencolok.
Keadilan saat ini sangatlah sulit untuk ditegagakkan bagaimana tidak! Seorang koruptor ditahan namun semua fasilitas sudah tercukupi di dalam ruang tahanan. Sedangkan bagaimana dengan nasib seorang masyarakat kecil yang hanya mencuri ayam misalnya, mereka melakukan dengan seenak mereka kadang juga mereka menyiksa dengan tidak prikemanusiaan. Hal ini sangatlah menunjukkan kesenjangan sosial di Indonesia sangatlah mencolok antara pihak kaya atau pihak yang mempunyai penguasa antara rakyat kecil atau orang miskin.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas 10 slogan

Strepsils , First Aid Throat Disorders " The target of this slogan makes buyers more easily treat a sore throat                             " M&M'S , Irresistible Chocolate "                  The target of this slogan of m&m is for some people likes a chocolate and other variant they makes "WALLS MAGNUM, For Pleasure Seekers" The target of this slogan for everyone likes variant of ice cream "INDOMIE, Taste of Asia" The target of this slogan is for everyone likes many flavour of instant noodles "PRO CHIZ, Taste Better"   The target of audience for this slogan prochiz for buyers who want a more pronounced cheese       " DUNKIN DONUTS , Americans Runs On Dunkins The target of this slogan for everyone likes meal a donuts , bread , pastry , coffee and juice     " AIRASIA , Now Everyone Can Fly"   The target of this slo

Jelajah Flores...

Kepariwisataan  adalah merupakan kegiatan jasa yang memanfaatkan kekayaan alam dan lingkungan hidup yang khas, seperti : hasil budaya, peninggalan sejarah, pemandangan alam yang indah dan iklim yang nyaman. Sebagaimana kita tahu bahwa indonesia adalah negeri kepulauan, dimana banyak sekali pulau yang bisa dijelajahi oleh penikmat wisata dari dalam negeri maupun luar. Salah satu kepulauan di indonesia yang bisa kita jelajahi adalah kepulauan Flores,Nusa Tenggaa Timur seperti , pulau komodo, ende,manggarai,dan maumere. Nusa Tenggara Timur memiliki keeksotisan sendiri dimana banyaknya pantai dan kearifan lokal yang bisa kita nikmati, ada beberapa daerah yang mungkin disini akan saya rekomendasikan untuk berpariwisata bersama keluarga ataupun teman. Yang pertama adalah pulau komodo sudah banyak yang tahu tentang pulau ini dari dalam negeri sampai mancanegara di pulau komodo ini kita bisa berinteraksi dengan hewan reptil komodo dan melihat secara dekat dan dipandu oleh penjaga se

ILMU SOSIAL DASAR

DISKIRIMINASI Diskriminasi  adalah tindakan yang memperlakukan satu orang atau satu kelompok secara kurang adil atau kurang baik daripada orang atau kelompok yang lain.  Diskriminasi  dapat bersifat langsung atau tidak langsung dan didasarkan pada faktor-faktor yang sama seperti premanisme dan pelecehan. CONTOH KASUS : JAKARTA, KOMPAS.com — Identitas keberagaman di Indonesia terus diuji dengan beragam tindakan diskriminasi. Selama 14 tahun setelah reformasi, setidaknya ada 2.398 kasus kekerasan dan diskriminasi yang terjadi di Indonesia. Yayasan Denny JA mencatat, dari jumlah itu paling banyak kekerasan terjadi karena berlatar agama/paham agama sebanyak 65 persen. Sisanya, secara berturut-turut adalah kekerasan etnis (20 persen), kekerasan jender (15 persen), dan kekerasan orientasi seksual (5 persen). “Semenjak reformasi, diskriminasi yang terjadi lebih bersifat priomordial, komunal, bukan seperti diskriminasi ideologi yang terjadi pada masa Orde Baru,” ujar Direktur Yayasan D